Pabrik Ubin Jalur Difabel

Ubin Jalur Difabel – Untuk masyarakat terlebih yang berada di daerah perkotaan tentunya sering menjumpai lantai yang diatasnya mempunyai corak berupa titik-titik bulat kecil ataupun berupa garis memanjang.

Ubin atau keramik dengan tekstur berpola diatasnya ini bukanlah untuk memperindah tatanan kota semata, namun juga untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang difabel ke jalan yang tepat dan aman.

Ubin berpola ini kerap disebut dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Tactile guiding block jalur pemandu disabilitas ini bisa dimaknai sebagai ubin atau keramik yang mempunyai tekstur dipermukaannya yang berguna untuk menjadi media dalam memandu penyandang disabilitas untuk menjumpai jalur yang tepat untuk melangkah serta membantu penyandang disabilitas tersebut di dalam menuju tempat tujuan.

Jadi sangat besar fungsi dari Guiding block tactile paving ini menjadi keramik berpola yang difungsikan untuk memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Ubin Jalur Difabel dan Tunanetra

Tactile guiding block merupakan media yang berupa ubin atau keramik yang sekarang ini sering ditemui sebagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah baik di fasilitas berupa jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Tactile paving block jalur difabel ini telah banyak terpasang khususnya di kota-kota besar misalnya saja Guiding Block ubin difabel di kota Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Bali, Balikpapan.

Meskipun telah banyak terpasang di banyak lokasi, sepertinya ada sebagian orang yang masih belum mengetahui kegunaan dari tactile guiding block tersebut.

Penggunaan Guiding block tactile paving ini telah banyak dipakai di berbagai negara maju dan sekarang ini sudah ada peraturan perundang-undangannya untuk merealisasi jalur ramah untuk penderita tunanetra.

Fungsi Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Tujuan dari pemasangan Guiding block tactile paving ini digunakan sebagai ubin keramik khusus yang digunakan untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang disabilitas supaya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan baik untuk difabel ataupun untuk pejalan kaki yang lain.

Selain itu, ada beberapa fungsi dari penggunaan Tactile paving ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Disabilitas
Tactile guiding block memiliki fungsi utama yakni sebagai media dalam memandu para disabilitas dalam berjalan dengan aman tanpa rasa khawatir akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Tactile paving block ini terdapat desain yang berguna untuk memberikan petunjuk untuk menjadi penunjuk jalan untuk penyandang disabilitas khususnya tunanetra ketika melangkah. Pada Guiding block tactile paving ini terukir dua motif yang tidak sama yang dipilih dari huruf Braile.

2 pola itu adalah pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk membantu memandu penyandang Tunanetra, selain itu pun motif ini juga mempunyai arti bahwa di jalan tersebut bisa terus berjalan, Guiding Block ini biasa dikenal dengan Tactile paving block Line type. Guiding Block line type ini biasa diterapkan berderetan memanjang mengikuti rute jalan.

Satu bentuk pola yang lain adalah Guiding Block dengan pola bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang seringnya dikenal dengan sebutan Tactile guiding block Spot type. Tactile guiding block spot type berguna untuk memberikan petunjuk untuk memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi atau tanda untuk berhenti.

2. Memberikan kenyamanan bagi penderita tunanetra di saat berjalan
Meski mempunyai keterbatasan fisik, seorang penyandang Tunanetra tetap mempunyai kewajiban yang sama dalam memanfaatkan fasilitas-fasilitas umum yang ada pada masyarakat.

Dengan adanya alat bantu tersebut diharapkan bisa berguna dalam meminimalkan adanya resiko bahaya yang bisa terjadi pada Tunanetra di saat berjalan.

Selain itu dengan adanya Guiding block tactile paving ini bisa memberikan kemudahan akses bagi penyandang difabel serta bagi pengguna jalan lainnya.

3. Memperindah tatanan kota
Kegunaan yang lainnya dari Tactile paving block ini adalah untuk meningkatkan nilai keindahan dari tatanan kota sebab dengan terdapatnya Guiding Block ini mampu memperindah tampilan tatanan kota seperti Jalanan kota, jalan ke suatu gedung bangunan, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan melakukan pemasangan Tactile paving ini akan mendapat nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli akan kebutuhan bersama tak terkecuali untuk para penyandang difabel.

Pemasangan Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Harga Ubin Jalur Difabel

Pemasangan Tactile paving ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 tentang “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving ini biasanya digunakan pada lokasi-lokasi dan fasilitas-fasilitas umum misalnya saja jalan taman, trotoar, terminal, stasiun, perpustakaan, Bank, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur jalan yang diberikan Tactile guiding block ini diantaranya yakni pada jalur untuk pejalan kaki misalnya saja trotoar, jalur penghubung antara jalan dan suatu gedung bangunan, serta jalur yang mengarah ke tempat transportasi umum terdekat, jalur menuju tangga, jalur menuju pintu masuk maupun keluar, dan jalur lainnya.

Selain pada jalur di luar ruangan, pemasangan Tactile guiding block dipasang pada bangunan kecuali rumah tinggal dan rumah deret direkomendasikan untuk dipasangi sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Tactile paving ini untuk memudahkan bagi penyandang difabel dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Saat ini penggunaan Tactile paving block yang diproduksi dari material logam lebih banyak digemari, terutama jika untuk diterapkan pada dalam bangunan. Guiding Block yang diproduksi dari logam khususnya yang anti terhadap karatan.

Penggunaan Guiding Block dari logam ini memiliki keunggulan baik dari desainnya yang mampu meningkatkan wilayah sekitarnya menjadi kelihatan lebih modis dan tatanan kota menjadi lebih indah dan dari segi ketahanan yang pastinya akan lebih awet dan tahan lama.

Dibutuhkan Guiding Block yang bermutu supaya bisa mendapatkan manfaat yang sebanyak mungkin dari pemakaian Guiding Block tersebut bagi para Tunanetra ataupun untuk pejalan kaki lainnya.

Jual Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Fungsi Ubin Jalur Difabel

Jika Anda sedang mencari produk Tactile paving block ini, terutama yang terbuat dari logam yang anti dengan karat, kami merekomendasikan untuk menggunakan Guiding block tactile paving dari kami Futake.

Futake merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai produk turunan logam, diantaranya produk Guiding Block ini. Dari Guiding Block yang terbuat dari logam biasa hingga Tactile paving yang terbuat dari logam stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun dapat sesuai dengan request dari pembeli, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk membantu menjadi jalur pemandu bagi disabilitas.

Untuk informasi maupun berkonsultasi mengenai produk Guiding Block ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0822-2999-2299 | 0813-7799-0055.

Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Artikel

Fungsi Ubin Jalur DifabelJual Ubin Jalur DifabelPabrik Ubin Jalur DifabelUbin Jalur Difabel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *