Ubin Guiding Block

Ubin Guiding Block – Bagi masyarakat terlebih yang berada di daerah perkotaan tentunya kerap menemui keramik yang permukaannya memiliki desain timbul berupa bulatan-bulatan kecil ataupun berupa pola garis yang memanjang.

Keramik berpola ini tidak hanya difungsikan untuk menambah keindahan tatanan kota semata, namun juga untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang Tunanetra untuk menemukan jalan yang lebih aman dan untuk mempermudah menuju tempat tujuan.

Lantai berpola ini kerap disebut dengan sebutan Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding block jalur difabel ini dapat diartikan sebagai ubin atau keramik yang memiliki permukaan berpola yang berfungsi untuk membantu memandu penyandang disabilitas untuk menjumpai jalan yang aman untuk berjalan serta menopang penyandang Tunanetra tersebut di dalam menuju lokasi tujuan.

Jadi sangat banyak manfaat dari Tactile guiding block ini sebagai lantai berpola yang digunakan untuk membantu memberikan kemudahan pada Tunanetra dan pejalan kaki lainnya.

Pengertian Guiding Block

Fungsi Guiding Block

Guiding block tactile paving merupakan salah satu ubin atau keramik yang sekarang ini cukup mudah ditemukan sebagai salah satu fasilitas umum baik di fasilitas pada jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Tactile paving jalur pemandu Tunanetra ini telah banyak terpasang khususnya di daerah perkotaan misalnya saja Tactile paving block di kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Kalimantan, Medan, Bali, dan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Walaupun sudah banyak sekali terpasang di berbagai lokasi, sepertinya ada sebagian masyarakat yang masih belum mengetahui kegunaan dari guiding block tactile paving tersebut.

Penggunaan Tactile paving ini telah banyak dipakai di banyak negara-negara maju bahkan sudah ada peraturan perundang-undangannya untuk menjadikan jalur yang baik untuk penyandang disabilitas.

Fungsi Guiding Block

Supplier Guiding Block Tactile Paving

Tujuan dari penerapan Guiding Block ini difungsikan sebagai keramik khusus yang dipasang untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra agar bisa memberikan kenyamanan saat berjalan baik bagi Tunanetra ataupun bagi pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada beberapa fungsi dan peran dari pemasangan Tactile paving ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Difabel
Guiding block tactile paving memiliki peranan utama yaitu sebagai media untuk mengarahkan para penyandang disabilitas dalam berjalan dengan selamat tanpa rasa resah akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Tactile guiding block ini terdapat motif yang berguna untuk memberikan petunjuk sebagai penunjuk jalan bagi penyandang disabilitas khususnya tunanetra ketika beraktifitas. Pada Tactile paving block ini terdapat 2 pola yang berbeda yang terinspirasi dari huruf Braile.

2 motif itu adalah pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang difabel, selain itu juga motif ini juga memiliki arti bahwa di jalan tersebut dapat berjalan terus, Guiding block tactile paving ini sering dinamakan dengan Tactile paving Line type. Tactile paving block line type ini biasa dilekatkan berderetan memanjang sesuai rute jalan.

Satu pola yang lain adalah Tactile paving dengan motif titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang biasa dikenal dengan nama Guiding Block Spot type. Guiding Block spot type berfungsi untuk memberikan tanda untuk berhenti atau memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi.

2. Memberikan kenyamanan untuk penyandang disabilitas di saat berjalan
Walaupun mempunyai kelainan pada fisiknya, seorang penyandang disabilitas tetap memiliki hak yang sama dalam memanfaatkan jalanan, trotoar, dan fasilitas lainnya yang terdapat di masyarakat.

Dengan tersedianya alat bantu itu diharapkan dapat berfungsi dalam meminimalisir adanya resiko bahaya yang bisa menimpa penyandang disabilitas di saat berjalan.

Selain itu dengan adanya Guiding Block ini bisa memberikan kemudahan akses untuk Tunanetra serta untuk pengguna jalan lainnya.

3. Memperindah tampilan tata kota
Kegunaan lain dari Tactile paving block ini yaitu untuk menambah nilai keindahan dari tatanan kota sebab dengan pemasangan Tactile paving block ini mampu mempercantik tampilan kota seperti trotoar, jalan taman, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastinya dengan memasang Tactile guiding block ini akan mendapatkan nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli dan memperhatikan hak dan kewajiban bersama tak terkecuali bagi para disabilitas.

Pemasangan Tactile Guiding Block

Harga Guiding Block Tactile Paving

Pemasangan Guiding block tactile paving ini adalah suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 tentang “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving block ini seringnya dipasang pada lokasi-lokasi dan sarana-sarana umum seperti trotoar, jalan, trotoar, stasiun, terminal, dan lain sebagainya.

Adapun jalur-jalur yang diberikan Guiding Block ini antara lain yaitu pada jalur untuk pejalan kaki misalnya saja trotoar, jalur penghubung antara jalan dan suatu gedung bangunan, serta jalur yang mengarah ke tempat transportasi umum terdekat, jalur menuju tangga, jalur menuju pintu masuk maupun keluar, dan jalur lainnya.

Selain pada jalur di luar gedung bangunan, pemasangan Guiding block tactile paving dipasang pada gedung kecuali rumah pribadi dan rumah deret dianjurkan untuk menggunakan sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Guiding Block ini untuk memudahkan bagi penyandang difabel dan lanjut usia dalam beraktivitas.

Saat ini penggunaan Tactile paving yang diproduksi dari bahan logam lebih banyak digunakan, terutama jika untuk digunakan di dalam gedung. Tactile paving yang terbuat dari logam terutama yang tahan terhadap karat.

Pemakaian Guiding Block dari logam ini mempunyai kelebihan baik dari desainnya yang bisa meningkatkan lingkungan menjadi kelihatan lebih modis dan tatanan kota menjadi semakin bergaya dan dari segi keawetan yang tentunya akan lebih kokoh dan tahan lama.

Dibutuhkan Guiding Block yang bermutu supaya bisa memperoleh manfaat yang sebanyak mungkin dari pemakaian Tactile paving tersebut untuk para penyandang disabilitas ataupun untuk masyarakat lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Jual Ubin Difabel Ubin Guiding Block

Jika Anda sedang mencari produk Guiding block tactile paving ini, terlebih yang terbuat dari logam yang anti terhadap karatan, kami merekomendasikan untuk mencoba Guiding Block dari kami Futake.

Futake adalah perusahaan manufaktur yang menyajikan banyak jenis produk turunan logam, termasuk produk Tactile paving ini. Dari Tactile guiding block yang dibuat dari logam biasa hingga Guiding Block yang diproduksi dari logam stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa menyesuaikan dengan permintaan dari pembeli, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk membantu memandu berjalan bagi Tunanetra.

Untuk info ataupun sebelumnya ingin bertanya tentang produk Tactile paving ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0822-2999-2299 | 0813-7799-0055.

Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Artikel

Harga Guiding Block Tactile PavingJual Ubin DifabelUbin Guiding Block

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *