Permasalahan Drainase Perkotaan & Cara Mengatasinya

Permasalahan Drainase Perkotaan & Cara Mengatasinya

Pada rancangan pembangunan infrastruktur perkotaan, sistem drainase merupakan salah satu hal yang tak boleh dilupakan. Sistem drainase sendiri merupakan fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna mengurangi/ membuang air berlebih di suatu kawasan. Agar kawasan tersebut dapat terhindar dari ancaman banjir. Karena itulah, keberadaanya sistem drainase ini bisa juga disebut sebagai salah satu kunci untuk menciptakan kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan lingkungan perkotaan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang pembangunan sistem drainase di perkotaan telah dibangun dan sebelumnya direncanakan berdasarkan ilmu drainase. Namun hingga sampai saat ini permasalahan drainase di kawasan perkotaan masih saja muncul. Permasalahan drainase di perkotaan begitu kompleks. Berikut ini beberapa permasalahan drainase perkotaan yang kerap terjadi

Kurangnya sinkronisasi dengan infrastruktur lain

Permasalahan drainase yang seringkali muncul adalah kurangnya koordinasi dan sinkronisasi dengan pembangunan infrastruktur lainnya. Misalnya, seringkali ditemukannya tiang listrik di tengah saluran drainase, adanya pipa air PDAM yang memotong saluran penampang basah, dan sebagainya.

Pesatnya pertambahan jumlah penduduk

Pertambahan jumlah penduduk di kawasan perkotaan jauh lebih cepat dibandingkan di desa sebagai akibat dari pertumbuhan maupun urbanisasi. Seiring dengan jumlah penduduk yang semakin banyak, maka pasti diikuti pula dengan meningkatnya jumlah limbah, baik berupa sampah maupun limbah cair. Jika tidak disertai dengan penambahan drainase, maka tentunya ketidaknyamanan akan dirasakan.

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang rendah

Kesadaran masyarakat masih terbilang begitu rendah tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi sebuah kawasan perkotaan. Seperti salah satunya masih kurangnya kesadaran pentingnya untuk tidak membuang di sungai. Manajemen sampai yang kurang baik ini dapat menyebabkan percepatan pendangkalan dan penyempitan saluran drainase dan sungai. Sehingga kapasitas sungai dan saluran drainase menjadi berkurang dan tak mampu menampung debit air. Hingga pada akhirnya jika debit air besar maka air meluap dan muncul genangan bahkan banjir.

Permasalahan drainase perkotaan tersebut tentu tak boleh terus dibiarkan begitu saja karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan gangguan kesehatan. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah drainase perkotaan yang terjadi. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, bukan di saluran drainase ataupun sungai. Pemberian sanksi yang tegas terhadap siapapun yang membuang sampah di sungai dan drainase perlu juga dilakukan untuk menimbulkan efek jera.
  • Melakukan normalisasi saluran drainase serta mengembalikan fungsi drainase yang sesungguhnya.
  • Membangun dan meningkatkan fungsi sarana dan prasarana drainase, misalnya dengan membangun bak kontrol dan grill saringan air supaya sampah yang berada di aliran drainase bisa dipisahkan dan dibuang dengan cepat.
  • Memperbaiki konservasi alam dengan menambah ruang terbuka hijau di perkotaan yang digunakan sebagai kawasan resapan air hujan.

Baca juga: Mengapa Sanitasi Penting Bagi Masyarakat?

Permasalahan drainase perkotaan yang tidak kunjung usai mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan di perkotaan. Banjir pun seakan sudah menjadi tamu tahunan yang datang setiap musim penghujan. Peran pemerintah dalam membangun infrastruktur drainase yang memadai tentu harus didukung dengan partisipasi seluruh masyarakat untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang aman dan nyaman.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *