Guiding Block Tactile Jalur Pemandu Difabel

Guiding Block Jalur Difabel – Untuk Orang buta (Tunanetra) untuk bisa berjalan dengan nyaman dan aman di tempat-tempat yang ramai persisnya memerlukan pemandu khusus yang dapat menunjang kegiatan semua orang. Misalnya jalan untuk Tunanetra yang sering dipanggil dengan sebutan Guiding block.

Guiding block adalah alat pendukung yang digunakan untuk menolong menuntun orang buta (Tunanetra) menjumpai jalur yang aman dan benar supaya dapat terjaga dari keadaan yang berbahaya.

Guiding block atau tactile paving guiding block berbentuk keramik yang diatasnya memiliki tekstur berpola yang mempunyai makna dan fungsi untuk bisa menjadi pemandu bagi para Tunanetra. Pola pada paving guiding block bisa dikelompokkan menjadi dua pola, yaitu paving guiding block dengan bentuk pola garis-garis lurus dan bulatan-bulatan kecil.

Guiding block atau tactile paving guiding block dengan mempunyai bentuk pola titik-titik bulat yang disebut dengan Guiding Block Spot yang memiliki isyarat untuk “BERHENTI”. Pola ini menjadi pemandu pada jalan Tunanetra supaya menyadari pada titik mana harus berhenti berjalan atau adanya peringatan terhadap perubahan kondisi jalan.

Guiding block atau tactile paving guiding block dengan bentuk  pola garis-garis lurus yang dikenal dengan Guiding Block Line Type yang memiliki arti “BOLEH BERJALAN”, bentuk pola ini menandakan pada para disabilitas khususnya tunanetra bahwa tetap bisa berjalan di jalur tersebut, dan karena itulah mereka berada pada jalur yang benar.

Guiding block atau tactile paving guiding block ini umumnya diletakkan pada jalan fasilitas umum, misalnya saja pada jalur Stasiun, Terminal, Bank, Perkantoran, Pengadilan, Perpustakaan, dan tempat-tempat lainnya. Pada area di luar gedung pun juga sudah banyak yang diterapkan guiding block atau tactile paving guiding block.

Untuk wilayah luar ruangan mungkin kita bakalan terkadang menemukan Guiding block atau tactile paving guiding block ini pada taman, trotoar, area sekitar tangga, dan lain sebagainya.

Pemasangan guiding block ini seringnya dipasang secara di jajarkan dengan rapi memanjang mengikuti jalan. Untuk jalan yang dipasangi guiding block ini biasanya pada jalur menuju tangga, jalur yang mempertemukan antara gedung dan jalan, jalan ramai kendaraan, dan yang lainnya.

Guiding block ini di banyak negara sudah mengharuskan untuk menerapkan pemasangan guiding  block jalur difabel, selain berfungsi untuk menuntun penyandang Orang buta (Tunanetra), pemasangan guiding block ini juga berguna untuk mendukung tatanan kota.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *