Jalan Guiding Block untuk Tunanetra

Guiding Block untuk Jalur Tunanetra – Bagi masyarakat khususnya bagi orang yang berada di area perkotaan pastinya sering menjumpai lantai yang diatasnya memiliki tekstur seperti sekumpulan pola bulatan kecil maupun berupa pola garis yang memanjang.

Keramik dengan tekstur berpola diatasnya ini bukanlah difungsikan untuk menambah keindahan tatanan kota semata, namun juga untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang disabilitas untuk menemukan jalan yang lebih aman dan untuk mempermudah menuju tempat tujuan.

Lantai dengan tekstur berpola diatasnya ini kerap disebut dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding block tactile paving jalur pemandu difabel ini dapat disebut sebagai ubin atau keramik yang memiliki tekstur berpola yang berguna untuk menjadi alat pembantu dalam menuntun penyandang disabilitas untuk menjumpai jalan yang aman untuk melangkah serta menopang penyandang Tunanetra tersebut di dalam menuju tempat tujuan.

Jadi sangat banyak fungsi dari Tactile paving block ini sebagai lantai bertekstur yang digunakan untuk memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Guiding Block untuk Tunanetra

Tactile paving merupakan fasilitas yang diberikan yang berupa ubin atau keramik yang sekarang ini cukup mudah ditemukan sebagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah baik di fasilitas berupa jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Guiding block jalur tunanetra ini telah banyak tertempel khususnya di daerah kota-kota yang padat penduduk misalnya saja Tactile guiding block di kota Jogja, Semarang, Jakarta, Surakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

Meskipun telah banyak sekali tertempel di berbagai tempat, rupanya ada sebagian masyarakat yang masih belum memahami kegunaan dari guiding block tersebut.

Penggunaan Tactile paving block ini telah banyak dipakai di banyak negara-negara maju dan sekarang ini telah ada peraturan perundang-undangannya guna mewujudkan jalan yang baik untuk penyandang disabilitas.

Fungsi Guiding Block

Guiding Block untuk Jalur Tunanetra

Tujuan dari penggunaan Tactile guiding block ini untuk difungsikan sebagai keramik khusus yang dipakai untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra supaya bisa menjamin kenyamanan saat berjalan baik bagi difabel maupun untuk pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada banyak peran dan fungsi dari penerapan Guiding Block ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Disabilitas
Guiding Block memiliki fungsi utama yaitu sebagai sarana untuk memandu para penyandang Tunanetra dalam berjalan dengan nyaman tanpa rasa resah akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Tactile guiding block ini ada desain yang berguna untuk memberikan tanda untuk menjadi pemandu jalan untuk penderita tunanetra di saat berjalan. Pada Guiding block tactile paving ini terdapat 2 motif yang tidak sama yang dipilih dari huruf Braile.

Dua motif tersebut merupakan pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang Tunanetra, selain itu pun pola tersebut juga mempunyai arti bahwa di jalan tersebut dapat berjalan terus, Guiding Block ini sering dinamakan dengan Tactile guiding block Line type. Tactile guiding block line type ini biasa ditempelkan berderetan memanjang sesuai jalur jalan.

Satu motif yang lain adalah Guiding block tactile paving dengan motif bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang seringnya dikenal dengan sebutan Guiding Block Spot type. Guiding block tactile paving spot type berguna untuk memberikan tanda untuk berhenti.

2. Memberikan kenyamanan bagi penyandang difabel di saat berjalan
Walaupun memiliki kelainan pada fisiknya, seorang penyandang disabilitas tetap memiliki hak yang sama dalam memanfaatkan fasilitas-fasilitas umum yang tersedia pada masyarakat.

Dengan terdapatnya media bantu tersebut diharapkan bisa berfungsi dalam meminimalisir adanya resiko bahaya yang dapat menimpa difabel di saat berjalan.

Selain itu dengan tersedianya Tactile guiding block ini dapat memberikan kemudahan akses untuk difabel dan juga bagi pejalan kaki lainnya.

3. Memperindah tatanan kota
Kegunaan yang lainnya dari Tactile paving block ini yaitu untuk meningkatkan keindahan dari tatanan kota karena dengan pemasangan Tactile guiding block ini mampu mempercantik pemandangan kota seperti jalanan umum, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan melakukan pemasangan Tactile paving ini akan mendapat nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli akan kebutuhan bersama tak terkecuali untuk para penyandang Tunanetra.

Pemasangan Tactile Paving

Jalur Guiding Block untuk Tunanetra

Jalan Guiding Block untuk Tunanetra

Pemasangan Guiding block tactile paving ini adalah suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving block ini seringnya digunakan pada tempat-tempat dan sarana-sarana umum misalnya saja trotoar, jalan, trotoar, stasiun, terminal, dan lain sebagainya.

Adapun jalur-jalur yang diberikan Tactile paving ini antara lain yakni pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain di luar gedung bangunan, pemasangan Tactile paving block dipasang pada gedung kecuali rumah pribadi dan rumah deret direkomendasikan untuk menggunakan sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Guiding Block ini untuk mempermudah bagi disabilitas dan lanjut usia dalam beraktivitas.

Sekarang ini pemakaian Tactile paving block yang terbuat dari material logam lebih banyak digemari, khususnya untuk dipasang di dalam bangunan. Guiding Block yang terbuat dari logam khususnya yang anti dengan karatan.

Penerapan Tactile paving block dari logam ini memiliki keunggulan baik dari desainnya yang mampu menunjang tempat sekelilingnya menjadi kelihatan lebih modis dan tatanan kota menjadi semakin menarik dan dari segi ketahanan yang tentunya akan lebih kokoh dan awet.

Diperlukan Guiding block tactile paving yang bermutu supaya dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari penggunaan Guiding block tactile paving tersebut bagi para Tunanetra maupun untuk pengguna jalan lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Produsen Guiding Block untuk Tunanetra

Apabila Anda sedang mencari produk Guiding block tactile paving ini, terutama yang diproduksi dari logam yang tahan dengan karatan, kami sarankan untuk memakai Guiding block tactile paving dari kami Futake.

Futake merupakan perusahaan manufaktur yang menyajikan banyak jenis produk turunan logam, termasuk produk Tactile guiding block ini. Dari Tactile paving yang terbuat dari logam biasa sampai Tactile paving guiding block yang dibuat dari bahan stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa menyesuaikan dengan request dari pembeli, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk memandu berjalan bagi difabel.

Untuk informasi ataupun berkonsultasi mengenai produk Tactile guiding block ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0822-2999-2299 | 0813-7799-0055.

Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Artikel

Guiding Block untuk Jalur TunanetraJalur Guiding Block untuk TunanetraProdusen Guiding Block untuk Tunanetra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.