Supplier guiding Block Ubin

Guiding Block Ubin – Untuk masyarakat terlebih yang bertempat tinggal di wilayah perkotaan tentunya kerap menemui ubin yang permukaannya memiliki pola seperti titik-titik bulat kecil ataupun berupa garis memanjang.

Ubin atau keramik bertekstur ini bukan hanya untuk meningkatkan keindahan tatanan kota semata, melainkan untuk mendukung dalam memandu penyandang difabel ke jalan yang lebih aman dan untuk mempermudah menuju tempat tujuan.

Ubin dengan tekstur berpola diatasnya ini sering dikenal dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding Block jalur pemandu disabilitas ini bisa dimaknai sebagai ubin yang mempunyai tekstur dipermukaannya yang bermanfaat untuk sarana dalam mengarahkan penyandang difabel untuk menemukan jalan yang aman untuk berjalan serta menopang penyandang disabilitas tersebut di dalam menuju tempat tujuan.

Jadi sangat besar kegunaan dari Guiding block tactile paving ini menjadi ubin keramik bertekstur yang digunakan untuk membantu memberikan kemudahan pada Tunanetra dan pejalan kaki lainnya.

Pengertian Guiding Block

guiding Block Ubin dIFABEL

Tactile guiding block adalah media yang berupa ubin keramik yang sekarang ini sering ditemukan sebagai salah satu fasilitas umum baik di fasilitas berupa bangunan gedung maupun pada jalan-jalan.

Tactile guiding block jalur pemandu Tunanetra ini sudah banyak terpasang khususnya pada daerah perkotaan seperti Tactile paving block di kota Jogja, Semarang, Jakarta, Surakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

Meskipun telah banyak sekali tertempel di banyak tempat, rupanya ada beberapa masyarakat yang kurang memahami makna dan fungsi dari guiding block ubin tersebut.

Penggunaan Tactile guiding block ini sudah popular digunakan di berbagai negara maju bahkan telah ada peraturan perundang-undangannya untuk menjadikan jalur yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Fungsi Guiding Block

Jalur Difabel Guiding Block

Tujuan dari penerapan Tactile paving ini difungsikan sebagai ubin keramik khusus yang dipasang untuk membantu memandu penyandang Tunanetra supaya bisa memberikan kenyamanan saat berjalan baik untuk Tunanetra maupun untuk pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada beberapa fungsi dan peran dari pengaplikasian Guiding Block ini, di antaranya yaitu:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Disabilitas
Tactile paving mempunyai fungsi utama yaitu sebagai media untuk memandu para disabilitas dalam berjalan dengan selamat tanpa rasa takut akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Guiding block tactile paving ini ada motif yang berfungsi untuk memberikan isyarat sebagai pemandu jalan untuk penyandang disabilitas dalam berjalan. Pada Tactile guiding block ini terukir dua bentuk pola yang berbeda yang dipilih dari huruf Braile.

Dua pola itu adalah pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang difabel, selain itu juga pola ini juga memiliki pengertian bahwa di jalur tersebut dapat terus berjalan, Guiding block tactile paving ini biasa dinamakan dengan Guiding Block Line type. Guiding block tactile paving line type ini biasa diterapkan berderetan memanjang selaras dengan jalur jalan.

Satu motif yang lain adalah Guiding block tactile paving dengan pola titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang sering dikenal dengan sebutan Guiding block tactile paving Spot type. Tactile guiding block spot type berfungsi untuk memberikan petunjuk untuk berhenti.

2. Memberikan ketenangan bagi penyandang difabel ketika berjalan
Walaupun memiliki keterbatasan fisik, seorang penderita tunanetra tetap memiliki hak yang sama di dalam memakai fasilitas-fasilitas umum yang terdapat di masyarakat.

Dengan tersedianya alat bantu tersebut diharapkan bisa berguna dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang bisa terjadi pada penyandang difabel di waktu berjalan.

Selain itu dengan tersedianya Tactile paving ini bisa memberikan kemudahan akses untuk disabilitas serta untuk pengguna jalan lainnya.

3. Memperindah tatanan kota
Fungsi lain dari Tactile paving block ini adalah untuk menambah nilai keindahan dari tatanan kota karena dengan terdapatnya Tactile paving block ini dapat memperindah tampilan kota seperti Jalanan kota, jalan ke suatu gedung bangunan, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan memasang Tactile guiding block ini akan mendapatkan nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli akan hak dan kewajiban bersama tak terkecuali untuk para disabilitas.

Pemasangan Tactile Paving Block

Jalur guiding Block Ubin

Pemasangan Guiding Block ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Guiding block tactile paving ini biasanya dipasang di tempat-tempat dan sarana-sarana umum seperti jalan taman, trotoar, terminal, stasiun, perpustakaan, Bank, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur-jalur yang dipasangi dengan Tactile paving ini diantaranya yaitu pada jalur untuk pejalan kaki misalnya saja trotoar, jalur penghubung antara jalan dan suatu gedung bangunan, serta jalur yang mengarah ke tempat transportasi umum terdekat, jalur menuju tangga, jalur menuju pintu masuk maupun keluar, dan jalur lainnya.

Selain pada jalur di luar gedung bangunan, pemasangan Tactile paving block digunakan pada gedung kecuali rumah tinggal dan rumah deret direkomendasikan untuk diberi fasilitas Guiding block tactile paving ini untuk memudahkan bagi disabilitas dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Saat ini penggunaan Tactile paving block yang diproduksi dari bahan logam lebih banyak digemari, terlebih untuk diterapkan di dalam gedung. Tactile guiding block yang dibuat dari logam khususnya yang tahan terhadap karat.

Penggunaan guiding block aluminium ini memiliki keunggulan baik dari desainnya yang dapat menunjang lingkungan menjadi kelihatan lebih modern dan tatanan kota menjadi semakin menarik dan dari segi ketahanan yang tentunya akan lebih awet dan tahan lama.

Diperlukan Guiding Block yang berkualitas agar dapat mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin dari pemakaian Tactile paving tersebut bagi para penyandang difabel maupun untuk pejalan kaki lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Supplier guiding Block Ubin

Guiding Block Ubin Tunanetra

Jika Anda sedang mencari produk Guiding Block ini, terutama yang diproduksi dari logam yang tahan terhadap karat, kami sarankan untuk menggunakan Tactile paving guiding block dari kami Futake.

Futake adalah perusahaan manufaktur yang menyediakan banyak produk turunan logam, diantaranya produk Tactile paving ini. Dari Guiding Block yang diproduksi dari logam biasa hingga Tactile paving yang diproduksi dari bahan stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari pembeli, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yaitu sebagai media untuk membantu memandu berjalan bagi disabilitas.

Untuk informasi maupun sebelumnya ingin bertanya mengenai produk Guiding block tactile paving ini dapat menghubungi nomor Telephon atau WA 0822-2999-2299 | 0813-7799-0055.

Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Artikel

Guiding Block UbinHarga guiding Block UbinJalur guiding Block UbinSupplier guiding Block Ubin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *