Guiding Block Ubin Jalur Tunanetra

Guiding Block Ubin Jalur Tunanetra – Untuk masyarakat terlebih yang berada di daerah perkotaan pastinya kerap menemukan ubin yang diatasnya memiliki tekstur berupa titik-titik bulat kecil ataupun berupa pola garis yang memanjang.

Ubin keramik dengan tekstur berpola diatasnya ini bukanlah difungsikan untuk meningkatkan keindahan tatanan kota semata, akan tetapi untuk mendukung dalam memandu penyandang disabilitas ke jalan yang tepat dan aman.

Ubin atau keramik berpola ini kerap disebut dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding block tactile paving jalur pemandu disabilitas ini dapat diartikan sebagai ubin yang mempunyai pola diatas permukaannya yang berguna untuk membantu memandu penyandang Tunanetra untuk menemukan jalan yang tepat untuk berjalan serta menopang penyandang disabilitas tersebut dalam menuju lokasi tujuan.

Jadi sangat banyak kegunaan dari Guiding block tactile paving ini sebagai keramik dengan tekstur berpola diatasnya yang dipakai untuk memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Pengertian Guiding Block Ubin Jalur Tunanetra

Guiding Block adalah fasilitas yang diberikan yang berupa keramik yang saat ini sering dijumpai sebagai fasilitas yang diberikan kepada masyarakat baik di fasilitas pada bangunan gedung maupun pada jalan-jalan.

Guiding Block jalurTunanetra ini telah banyak tertempel khususnya pada daerah perkotaan misalnya saja Guiding block tactile paving di kota Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Bali, Balikpapan.

Meskipun sudah banyak terpasang di banyak lokasi, rupanya ada beberapa orang yang masih belum mengetahui kegunaan dari guiding block tersebut.

Penggunaan Guiding Block ini sudah banyak dipakai di berbagai negara maju bahkan telah ada peraturan perundang-undangannya untuk merealisasi jalan yang ramah bagi penderita tunanetra.

Fungsi Guiding Block

Tujuan dari pemasangan Tactile guiding block ini untuk difungsikan sebagai keramik khusus yang digunakan untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang disabilitas agar bisa menjamin kenyamanan dan keamanan baik untuk penyandang difabel ataupun untuk pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada beberapa fungsi dan peran dari penerapan Guiding Block ini, di antaranya yaitu:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Tunanetra
Guiding Block mempunyai peran utama yakni sebagai alat bantu dalam memandu para difabel di saat berjalan dengan selamat tanpa rasa takut akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Tactile paving ini terdapat motif yang berfungsi untuk memberikan petunjuk sebagai pengarah jalan bagi penyandang disabilitas di dalam beraktifitas. Pada Guiding Block ini terukir dua bentuk pola yang berbeda yang diambil dari huruf Braile.

2 pola tersebut adalah pola garis-garis lurus yang berguna untuk mendukung dalam memandu penyandang Tunanetra, selain itu juga bentuk pola ini juga memiliki makna bahwa di jalur tersebut dapat terus berjalan, Guiding Block ini biasa disebut dengan Tactile paving Line type. Tactile paving block line type ini biasa dilekatkan berderetan memanjang selaras dengan jalur jalan.

Satu motif yang lain yaitu Tactile paving dengan pola bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang seringnya disebut dengan panggilan Guiding Block Spot type. Tactile paving block spot type berguna untuk memberikan tanda untuk memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi atau tanda untuk berhenti.

2. Memberikan keamanan untuk penyandang disabilitas ketika berjalan
Meski mempunyai kelainan pada fisiknya, seorang penyandang Tunanetra tetap mempunyai kewajiban yang sama di dalam memakai fasilitas-fasilitas umum yang tersedia di masyarakat.

Dengan tersedianya media bantu tersebut diharapkan bisa berguna dalam meminimalisir adanya resiko bahaya yang bisa menimpa Tunanetra di waktu berjalan.

Selain itu dengan dipasangnya Tactile guiding block ini dapat memberikan kemudahan akses untuk Tunanetra dan juga bagi pengguna jalan lainnya.

3. Mempercantik tampilan tata kota
Fungsi yang lainnya dari Guiding Block ini adalah untuk meningkatkan keindahan dari tatanan kota karena dengan tersedianya Tactile paving block ini dapat mempercantik pemandangan kota seperti jalanan umum, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastinya dengan melakukan pemasangan Tactile guiding block ini akan mendapat nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli akan kebutuhan bersama tak terkecuali untuk para difabel.

Pemasangan Guiding Block Tactile Paving

Pemasangan Guiding Block Ubin Jalur Tunanetra

Pemasangan Tactile paving ini adalah suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving ini seringnya dipakai pada tempat-tempat dan sarana-sarana umum misalnya jalan taman, trotoar, terminal, stasiun, perpustakaan, Bank, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur jalan yang dipasangi dengan Tactile paving ini antara lain yakni pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain pada jalur di luar ruangan, pemasangan Guiding block tactile paving dipasang pada gedung bangunan kecuali rumah pribadi dan rumah deret direkomendasikan untuk dipasangi sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Tactile paving block ini untuk mempermudah bagi penyandang difabel dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Sekarang ini pemakaian Tactile guiding block yang dibuat dari bahan logam lebih banyak digemari, terutama jika untuk dipasang di dalam bangunan. Guiding Block yang dibuat dari logam hingga yang anti dengan karatan.

Penerapan Tactile guiding block dari logam ini mempunyai keunggulan baik dari desainnya yang sanggup menambah wilayah sekitarnya menjadi tampak lebih modis dan tatanan kota menjadi semakin bergaya dan dari segi ketahanan yang pastinya akan lebih kokoh dan tahan lama.

Dibutuhkan Tactile paving yang berkualitas agar dapat mendapatkan manfaat yang maksimal dari penerapan Guiding block tactile paving tersebut bagi para disabilitas maupun untuk pejalan kaki lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Guiding Block Ubin Jalur Tunanetra

Guiding Block Ubin Jalur Tunanetra Bahan Teraso

Jika Anda membutuhkan produk Tactile paving ini, terutama yang terbuat dari logam yang tahan dengan karatan, kami merekomendasikan untuk memilih Tactile paving dari kami Futake.

Futake adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai produk turunan logam, termasuk produk Tactile paving ini. Dari Guiding Block yang terbuat dari logam biasa sampai Tactile paving guiding block yang diproduksi dari bahan stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun dapat sesuai dengan permintaan dari pembeli, dan pastinya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk membantu memandu berjalan bagi Tunanetra.

Untuk informasi maupun berkonsultasi tentang produk Tactile paving ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0822-2999-2299 | 0813-7799-0055.

Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *