Guiding Block Tactile Paving Jalur Pemandu untuk Penyandang Disabilitas

Guiding Block Tactile Paving – Bagi Orang buta (Tunanetra) untuk bisa berjalan dengan aman dan nyaman di fasilitas-fasilitas yang ramai pastinya membutuhkan jalur khusus yang bisa menunjang apa yang mereka butuhkan. Contohnya jalan untuk orang buta (Tunanetra) yang kerap dikenal dengan sebutan Guiding block.

Guiding block atau tactile paving guiding block yaitu media bantu yang digunakan untuk membantu memandu orang buta (Tunanetra) menemukan jalan yang aman dan benar supaya bisa terselamatkan dari situasi yang berbahaya.

Guiding block atau tactile paving guiding block berbentuk keramik yang diatasnya mempunyai tekstur berpola yang mempunyai makna dan fungsi untuk bisa memandu para disabilitas. Bentuk pola pada paving guiding block bisa dikelompokkan menjadi 2 bentuk pola, yaitu paving guiding block dengan pola garis-garis lurus dan titik-titik bulat.

Pemasangan Tactile Guiding Block

Paving guiding block dengan mempunyai pola titik-titik bulat yang disebut dengan Guiding Block Spot yang memiliki arti isyarat untuk “BERHENTI”. Bentuk pola ini berfungsi untuk menjadi penuntun pada jalur Disabilitas khususnya Tunanentra supaya mengetahui pada area mana harus berhenti berjalan atau adanya peringatan terhadap perubahan situasi jalan.

Guiding block dengan bentuk  pola garis-garis lurus yang disebut dengan Guiding Block Line Type yang mempunyai arti “BOLEH BERJALAN”, bentuk pola ini memberikan tanda pada para disabilitas khususnya tunanetra bahwa tetap dapat berjalan pada jalur tersebut, dan karena itulah mereka akan berada jalur yang tepat dan tidak kehilangan arah.

Paving guiding block ini umumnya diterapkan di jalan fasilitas umum, misalnya saja pada jalur Stasiun, Terminal, Bank, Perkantoran, Pengadilan, Perpustakaan, dan tempat-tempat lainnya. Pada area di luar gedung pun juga sudah banyak yang diwajibkan untuk dipasangi guiding block atau tactile paving guiding block.

Untuk wilayah luar ruangan pastinya kita bakalan sering menemukan Paving guiding block ini pada taman, trotoar, area sekitar tangga, dan lain sebagainya.

Pemasangan guiding block ini terkadang diletakkan secara berjajar rapi memanjang mengikuti jalan. Untuk jalan yang dipasangi guiding block atau tactile paving guiding block ini seringnya pada jalan mengarah tangga, jalur yang menghubungkan antara gedung dan jalan, jalur ramai lalu lintas kendaraan, dan tempat-tempat lainnya.

Guiding block atau tactile paving guiding block ini di telah banyak negara sudah mengharuskan untuk memasang guiding  block, selain berfungsi untuk menuntun penyandang penyandang disabilitas, pemasangan guiding block atau tactile paving guiding block ini juga bermanfaat untuk menunjang dan mempercantik tatanan kota.

Artikel

Guiding Block jalur difabelGuiding Block Tactile Paving

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *