Bagaimana Cara Memilih Manhole Cover Sanimas/ SLBM?

Cara Memilih Manhole Cover Sanimas/ SLBM

Manhole Cover Sanimas – Sanimas atau SLBM (Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat) merupakan salah satu program yang dilaksanakan di daerah dengan bantuan dari Pemerintah Pusat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses sanitasi terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di kawasan permukiman kumuh. Bentuk dari program Sanimas ini diantaranya berupa pembangunan infrastruktur IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Dalam pembangunannya, terdapat salah satu komponen penunjang yang sangat penting dan harus dipenuhi yaitu manhole cover. 

Seperti yang telah kita ketahui, manhole cover Sanimas seringkali dijumpai di area jalan umum maupun trotoar sebagai penutup lubang drainase/ got. Dan khusus untuk manhole cover sanimas ini memiliki kriteria yang sedikit berbeda dari manhole cover yang dipasang ditempat lain. Karena pemasangannya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan, keamanan, dan kesehatan lingkungan disekitar infrastruktur sanitasi yang dibangun. Untuk itu, agar tidak salah dalam memilih produk manhole cover yang kini dapat dengan mudah ditemui di pasaran. Berikut ini kami sajikan beberapa tips memilih manhole cover sanimas/ SLBM yang baik:

Grill Manhole Besi Cor

Pilih manhole cover berbahan besi cor

Saat ini ada 2 jenis material yang umum digunakan untuk membuat manhole cover. Yaitu material beton dan besi cor. Manhole cover berbahan besi cor terbukti lebih baik karena sifatnya yang tidak mudah rusak akibat perubahan kondisi cuaca. Selain itu tingkat kekuatannya juga tinggi, tidak mudah bengkok maupun patah. Apabila anda memilih menggunakan manhole cover sanimas berbahan besi cor ini, nantinya biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan pembaharuan sangat minim karena masa pakainya yang sangat lama.

Pilih manhole cover berbentuk bulat

Pengalaman dari sebelum-sebelumnya, manhole cover sanimas/ SLBM yang sering digunakan adalah yang berbentuk bulat. Hal ini dikarenakan manhole cover bulat memiliki banyak keunggulan daripada manhole cover berbentuk persegi/ kotak. Bentuk bulatnya menjadikan tingkat ketahanan terhadap beban yang menimpanya lebih tinggi. Karena beban akan ditahan secara merata pada seluruh sisi melingkarnya. Selain itu, manhole cover bulat juga lebih mudah dibuka dan ditutup pada saat proses pemeliharaan saluran.

Gunakan manhole cover kelas menengah (medium duty)

Pada umumnya lokasi pembangunan infrastruktur sanitasi berada di sekitar lingkungan pemukiman. Di wilayah ini tentu tidak ada kendaraan berukuran besar dan berat yang lewat. Sehingga manhole cover yang digunakan cukup kelas menengah saja (medium duty). Apabila menggunakan kelas di atasnya yakni heavy duty (kelas berat), tentu saja hal tersebut sangat tidak ekonomis yang menimbulkan pemborosan anggaran.

Buat desain yang menarik

Untuk menghidupkan lingkungan sanitasi agar terlihat lebih menarik dan jauh dari kesan kumuh, ada baiknya jika mendesain manhole cover seatraktif mungkin. Bisa dengan menampilkan gambar/ ilustrasi ikonik daerah anda, motif khas, kartun dll. Tentunya dari segi pewarnaannya pun juga perlu benar-benar diperhatikan. Sedangkan untuk mempermudah identifikasi, cantumkan pula logo/ nama program, tahun pelaksanaan, lokasi dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips/ cara memilih manhole cover sanimas/ SLBM yang bisa anda pertimbangkan, semoga bermanfaat. Apabila anda sedang memiliki kebutuhan manhole cover untuk proyek sanitasi kini anda tak perlu bingung dan sibuk mencarinya di banyak tempat lagi. Karena anda dapat dengan mudah menemukan produk manhole cover sanimas berbahan besi cor berkualitas, memenuhi standar nasional maupun internasional. Serta dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda (kustomisasi) dan harga yang kompetitif di futakedrain.com.

Kami, futakedrain.com sudah berpengalaman dalam mengharikan produk dan layanan terbaik demi suksesnya proyek sanimas/ SLBM di berbagai wilayah Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami untuk berkonsultasi mengenai seperti apa manhole cover yang anda butuhkan.

 

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *