6 Langkah Pemasangan Manhole Cover


Agar manhole cover dapat berfungsi sebagaimana mestinya maka manhole cover harus dipasang dengan baik dan benar. Sebab pemasangan manhole cover yang tidak sesuai dapat mempengaruhi peran dan kegunaannya.

Misalnya saja manhole cover dipasang dengan posisi miring atau terlalu menjorok ke atas sehingga tidak rata dengan jalan. Sudah pasti hal tersebut tidak sesuai dengan pemasangan manhole cover yang seharusnya sehingga fungsi manhole cover akan otomatis terganggu. Contoh lainnya, manhole cover yang dipasang untuk jalan raya dengan posisi pemasangan seperti tersebut di atas maka manhole cover akan mengganggu siapa saja yang lewat di atasnya. Para pengendara dan pengguna jalan bisa saja terjatuh karena jalan yang tidak rata.

Hal tersebut juga berlaku dengan manhole cover pedestrian atau trotoar. Para pejalan kaki bisa tersandung karena pemasangan manhole cover yang tidak rata dengan permukaan sekitar.

Agar manhole cover dapat berfungsi dengan baik apa saja tahap pemasangan manhole cover yang benar?

Berikut 6 tahap pemasangan manhole cover:

  1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pemasangan manhole cover adalah menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain pasir, air, semen, alat untuk mengaduk (semen, air, dan pasir), angkur dan mur.

  1. Membuat Dudukan

Dudukan manhole cover atau yang biasa disebut dengan fondasi adalah tempat yang akan digunakan untuk meletakkan atau menempelkan manhole cover. Dudukan manhole cover bisa dibuat dari bahan yang sudah disiapkan sebelumnya yaitu semen, air dan pasir.

Dudukan manhole cover harus dibuat sesuai dengan ukuran frame manhole cover baik dari segi panjang, lebar maupun tebal manhole. Tinggi fondasi harus dibuat sesuai dengan tebal manhole cover sehingga ketika manhole cover dipasang bisa rata dengan permukaan sekitar. Agar frame manhole cover bisa menempel dengan baik dan tidak goyang maka permukaan fondasi harus dibuat rata.

  1. Memasang Angkur

Angkur/Anchor Bolt atau yang sering disebut dengan Anchor adalah sejenis paku besi yang berukuran besar dan biasa digunakan dalam pemasangan manhole cover. Angkur sendiri memiliki fungsi untuk menyatukan manhole cover dengan struktur fondasi. Jadi frame akan terpasang lebih kuat dan tidak mudah bergeser.

Pada pemasangannya, angkur ditanam dalam struktur fondasi sesuai dengan jarak lubang frame bersamaan dengan pembuatan fondasi.

  1. Meletakkan Frame Manhole Cover di Fondasi

Langkah selanjutnya yaitu meletakkan frame manhole cover pada fondasi. Tunggu fondasi hingga benar-benar kering terlebih dahulu baru frame dapat dipasang. Pastikan jika permukaan manhole cover rata dengan permukaan sekitar agar orang yang lewat diatas manhole tidak tersandung.

  1. Memasang Mur

Apabila frame manhole cover sudah terpasang dengan baik dan benar, langkah selanjutnya yaitu memasang mur. Masukkan mur pada angkur kemudian kencangkan. Pemasangan mur digunakan sebagai pengencang angkur.

  1. Pengecoran Beton

Tahap terakhir dalam pemasangan manhole cover adalah pengecoran beton di sekitar frame manhole cover. Pengecoran ini berfungsi untuk memperkuat frame manhole cover sehingga frame terpasang secara permanen. Selain itu pengecoran beton juga bertujuan untuk menghilangkan celah antara jalan dan manhole cover.

Setelah pengecoran selesai, langkah paling terakhir yaitu memasang tutup manhole pada frame. Tahap ini dilakukan jika manhole cover yang digunakan tanpa engsel.

Itulah 6 tahap pemasangan manhole cover menurut Futake. Bagi Anda yang sedang mencari Manhole Cover dengan kualitas bagus namun harga yang ramah langsung saja hubungi kami di 0822-2999-2299. Futake menyediakan berbagai macam manhole cover sesuai kebutuhan Anda. Selain kualitas yang bagus dan harga yang ramah, Anda juga bisa berkonsultasi terkait permasalahan manhole cover yang dibutuhkan kepada kami.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *