3 Cara Merawat Manhole Cover Agar Berfungsi Dengan Baik


Indonesia merupakan negara tropis dimana dalam setiap tahunnya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Ciri iklim tropis yaitu suhu udara yang tinggi disepanjang tahun sekitar 27 derajat celcius. Musim kemarau biasanya mulai terjadi pada bulan April dan berakhir pada bulan September hingga Oktober. Sedangkan untuk musim penghujan biasanya terjadi pada bulan Oktober akhir hingga awal November.

Namun saat ini yang seharusnya musim kemarau hujan masih saja kerap muncul. Sehingga masyarakat harus lebih sigap dengan berbagai perubahan cuaca yang tidak menentu. Hujan dengan debit tinggi yang terus menerus turun bisa menyebabkan benca alam seperti tanah longsor dan banjir.
Memperbanyak sistem pedestrian atau saluran pembuangan air menjadi salah satu cara agar tidak terjadi bencana banjir. Oleh sebab itu sering kita jumpai manhole cover disetiap tempat terutama di sekitar ruas jalan raya. Saluran pembuangan air di Indonesia yang digunakan pada jalan raya biasanya berbentuk got atau gorong-gorong.

Gorong-gorong pada sistem drainase akan menggunakan manhole cover sebagai penutupnya. Manhole cover atau tutup bak control merupakan komponen sistem drainase yang cukup penting akan keberadaannya.

Agar Manhole cover dapat berfungsi dengan baik dan benar tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tentu harus dilakukan perawatan serta pemeliharaan.

Lalu, bagaimana cara merawat dan memelihara manhole cover?

Berikut 3 cara merawat manhole cover:

1. Bersihkan Dari Sampah

Bersihkan manhole cover dari sampah-sampah yang berserakan di atasnya. Jangan biarkan manhole cover tertutup sampah, sebab sampah-sampah tersebut akan mengganggu estetika manhole cover. Tidak hanya sampah saja, semua kotoran yang ada di atas manhole lebih baik dibersihkan.

2. Melakukan Pengecekan

Untuk manhole cover dengan engsel, lakukan pengecekan pada manhole tersebut. Pengecekan bisa dilakukan dengan cara membuka tutup manhole. Apakah engsel masih bekerja dengan baik atau tidak.

3. Periksa Posisi Manhole Cover

Cara ketiga yaitu melakukan pengecekan posisi manhole cover. Posisi yang dimaksud adalah apakah manhole cover masih pada posisi semula saat pemasangan atau sudah mulai goyang bahkan bisa dipindah tempatkan. Apabila manhole cover bisa dipindah tempatkan maka perlu dilakukan pengecoran ulang.

Untuk pemeliharaan manhole cover terdapat beberapa jenis pemeliharaan yang bisa dilakukan.

Berikut 4 jenis pemeliharaan manhole cover:

1. Pemeliharaan Rutin

Pemeliharaan rutin adalah pekerjaan yang selalu dilakukan setiap waktu tertentu dan berulang-ulang, seperti setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan.

2. Pemeliharaan Berkala

Pemeliharaan Berkala adalah pekerjaan yang dilakukan pada waktu tertentu saja seperti setiap 6 bulan sekali, setahun sekali atau satu setengah tahun sekali.

3. Pemeliharaan Khusus

Pemeliharaan jenis ini dapat dilakukan jika manhole cover mengalami kerusakan yang sifatnya mendadak.

4. Rehabilitasi
Rehabilitasi dilakukan jika manhole cover mengalami kerusakan yang dapat mengganggu fungsi dan perannya.

Itulah 3 cara merawat manhole cover. Bagi Anda yang sedang mencari manhole cover dapat menghubungi 0822-2999-2299. Futake adalah salah satu produsen produk pengecoran logam yang terpercaya. Kami menyediakan manhole cover dengan kualitas terpercaya dan dibuat oleh tenaga ahli serta professional.

Artikel

Harga Manhole CoverJual Manhole CoverManhole Cover

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *