Tips Memilih Deck Drain Jembatan yang Tepat

Tips Memilih Deck Drain Jembatan

Deck drain merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam perencanaan sistem drainase jembatan maupun jalan layang (fly over). Deck drain ini dipasang di permukaan jalan yang disambungkan dengan pipa-pipa pembuangan air. Ia memiliki fungsi sebagai penangkap air hujan di permukaan dan mengalirkannya ke pembuangan yang tepat. Dengan begitu, ketika hujan turun air area jembatan, air dapat langsung dibuang dengan cepat sehingga tidak menimbulkan terjadinya genangan air/ banjir. 

Mengingat fungsinya amat penting dalam menghindari banjir di area jembatan, pengadaan deck drain harus dilakukan secara matang. Pemilihan spesifikasinya tidak boleh sembarangan. Untuk itu, agar nantinya anda tidak salah pilih deck drain yang benar-benar cocok dan dapat berfungsi secara maksimal. Ada baiknya simak tips memilih deck drain untuk jembatan berikut ini:

Perhatikan kualitas material

Tips pertama dalam memilih deck drain jembatan adalah pastikan bahwa deck drain terbuat dari bahan yang berkualitas dan sesuai standarnya. Pilih deck drain yang kualitasnya bagus dan umum digunakan, yakni deck drain berbahan besi cor dengan proses pengecoran logam. Material ini terbukti dapat menghasilkan deck drain dengan kekuatan dan ketahanan yang tinggi.

Selain itu apabila deck drain akan digunakan di area dengan keasaman tinggi, pilih deck drain yang menggunakan lapisan zinc chromate dalam proses finishing pengecatannya. Hal ini bertujuan agar deck drain menjadi lebih awet dan tahan korosi/ anti karat.

Sesuaikan ukuran dengan debit air

Pada dasarnya pemilihan ukuran deck drain melihat pada kebutuhan berdasarkan luas bentangan jalan. Jalan yang lebar dan memiliki ruas jalan yang banyak tentu akan mengakomodasi debit air hujan yang lebih banyak. Agar dapat mengalirkan debit air yang banyak, tentu saja perlu memiliki deck drain dengan ukuran yang besar. Selain itu, pemasangannya pun juga harus semakin banyak pula.

Pilih deck drain dengan pengaman khusus

Tidak bisa dipungkiri kasus pencurian komponen-komponen besi cor penunjang infrastruktur publik termasuk deck drain ini sering terjadi. Tutup deck drain yang terpasang tanpa pengaman memang mengundang hasrat dan memberi kesempatan bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambilnya. Oleh karenanya, pilih lah model deck drain yang dilengkapi dengan pengaman ganda. Bisa berupa pengaman model bor atau model rantai yang mengait pada body deck drain.

Itulah beberapa tips memilih deck drain untuk proyek drainase jembatan/ fly over yang tepat. Semoga bermanfaat! 

Sebagai informasi, apabila anda sedang membutuhkan deck drain ini dan masih bingung untuk menentukan pilihan, langsung saja hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini. Futakedrain.com merupakan perusahaan manufaktur pengecoran logam yang telah berpengalaman menjadi penyuplai deck drain di berbagai wilayah Indonesia. Produk-produk buatan kami telah mengantongi sertifikat uji nasional maupun internasional (SNI dan ISO 9001). Jadi, jangan ragu untuk berpartner dengan kami!

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *