Roof drain merupakan komponen konstruksi atau bangunan. Roof drain berfungsi sebagai komponen penunjang dalam system drainase saat pembangunan gedung, bangunan dan rumah.

Roof drain dibuat dari besi cor yang kerap dilapisi dengan cat berwarna hitam. Roof drain mempunyai yang beraneka jenis. Selain itu roof drain memiliki berat yang berbeda-beda hal tersebut mengikuti ukuran atau diameter setiap roof drain.

Roof drain sering disebut juga dengan saringan atap. Sesuai dengan namanya roof drain digunakan sebagai saringan yang dipasang pada bagian atap Gedung. Roof drain termasuk salah satu komponen drainase dengan debit air kecil. Hal itu sudah disesuakan dengan ukuran roof drain yang kecil.

Roof drain memiliki bentuk mirip pipa kecil dan terdapat kubah di atasnya. Kubah pada roof drain tidak sama dengan kubah-kubah pada masjid umumnya yang sering kita temui. Kubah pada roof drain ini terdapat lubang kecil horizontal yang memiliki diameter sama antar lubang.

Rongga yang dimiliki roof drain tentu saja bukan hanya sebagai hiasan saja. Lubang tersebut memiliki fungsi dan kegunaan. Kegunaan dari rongga tersebut adalah sebagai jalan masuknya air hujan untuk menuju ke saluran pembuangan utama.

Roof drain biasanya ditempatkan pada bagian atap atau balkon bangunan terutama pada bangunan bertingkat yang tinggi. Supaya tidak ada genangan yang menggenang di atap ataupun balkon sebuah gedung penting sekali menggunakan roof drain.

Roof drain yang terpasang akan mengalirkan semua air hujan yang ada di atap. Selain itu rongga pada roof drain mampu menyaring sampah yang ikut hanyut dalam hujan jadi tidak akan menyebabkan masalah di saluran pembuangan.

Lubang pada roof drain akan memilah antara air hujan dengan sampah. Sampah dengan ukuran yang tidak kecil akan tersingkir dan tidak akan masuk ke dalam lubang roof drain. Jadi tidak akan menghambat system drainase.

Apabila bangunan tidak mempunyai roof drain maka atap atau balkon bangunan bisa terdapat genangan dan bahkan bisa menyebabkan banjir. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut maka bisa saja air hujan yang menggenang pada balkon atau atap lambat laun akan merusak struktur bangunan.

Supaya stuktur bangunan yang anda miliki tidak gampang rusak lebih baik gunakan roof drain dengan tepat ya. Kami memberikan referensi untuk menggunakan produk Roof drain yang berkualitas dari Futake. Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan terkait produk Roof Drain dan permintaan custom bisa menghubungi kami via Telephon/WA 0813-7799-0055.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *